Peternakan susu murni

Laporan Kewirausahaan                                                                  Medan,     Juni 2020

PETERNAKAN SUSU MURNI

Dosen Penanggung Jawab :

Dr. Agus Purwoko, S.Hut., M.Si.

Oleh :

Samuel Jaya Putra Sianipar

191201181

HUT 2 A

 

 

 

 


 

 

PROGRAM STUDI KEHUTANAN

FAKULTAS KEHUTANAN

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

2020

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan Kewirausahaan yang berjudul “Ternak Sapi dan Kambing Perah”Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Kewirausahaan, Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara.

 

Penulis menyadari bahwa laporan ini belum sempurna, baik darsegi teknik penyusunan maupun dari segi materi dan pembahasan. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari para pembaca atau pengguna laporan ini demi penyempurnaan laporan ini.

 

Semoga laporan ini bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya dan dapat mengedukasi setiap orang yang ingin memulai suatu usaha sebagai acuan untuk mempertimbangkan kegiatan usahanya.

                                                                                   Medan,   Juni  2020

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.       Latar Belakang Sapi Perah

 

Sapi adalah hewan ternak terpenting sebagai sumber daging, susu, tenaga kerja dan kebutuhan lainnya. Sapi menghasilkan sekitar 50% kebutuhan daging dunia, 95% kebutuhan susu dan 85% kebutuhan kulit. Sapi berasal dari famili bovidae seperti halnya bison, banteng, kerbau (bubalus), kerbau afrika (syncherus), dan anoa.

 Domestikasi sapi mulai dilakukan sekitar 400 tahun SM. Sapi diperkirakan berasal dari asia tengah, kemudian menyebar ke eropa, afrika dan seluruh wilayah asia. Menjelang akhir abad ke 19, sapi ongole dari india dimasukkan ke pulau sumba dan sejak saat itu pulau tersebut dijadikan pembiakan ongole murni. Pada tahun 1957 telah dilakukan perbaikan mutu genetik sapi Madura dengan jalan menyilangkannya dengan sapi red deen. Persilangan lain yaitu antara sapi lokal (PO) dengan sapi perah Frisian Holstein di grati guna memperoleh sapi perah jenis baru yang sesuai dengan iklim dan kondisi di Indonesia.

  Sapi perah merupakan sapi yang dipelihara untuk diambil susunya sebagai produksi utama sedangkan anak dan induk afkir sebagai hasil sampingannya. Susu sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh.

 Usaha sapi perah adalah salah satu jenis usaha yang sangat potensial. Dan selain itu pemasaran dan perawatan sapi perah relatif mudah, serta secara ekonomis budidaya sapi perah mampu menghasilkan keuntungan.  Pendapatan dari susu sapi perah bersifat harian dan untuk melakukan pembayaran susu sapi tersebut sudah jelas dan pasti mekanismenya. Manfaat lain yang dapat diambil dari usaha sapi perah tersebut yaitu dari kotoran sapi yang masih bisa dimanfaatkan untuk bahan baku energy biogas, dan limbah  dari biogas masih dapat digunakan lagi menjadi pupuk kandang.

 Jenis sapi perah yang unggul dan paling banyak dipelihara adalah sapi FH dari belanda, sapi shorhorn dari inggris, brown swiss dari swizterland, droughtmaster dari india. Dari hasil survei menunjukkan bahwa jenis sapi perah yang paling cocok dan menguntungkan untuk dibudidayakan di Indonesia adalah Frisien Holstein.


1.2.    Profil Usaha

 

Nama usaha                 : Peternakan Susu Murni

 

Pemilik                        : Surender Singh

 

Tempat/tanggal lahir   : 16 Desember 1961

 

Alamat                         :Jalan Bunga Raya,Asam Kumbang, Medan Melayang

 

 

 


 

Usaha peternakan sapi perah yang dilakukan oleh pak Surender Singh sudah turun - temurun dan pak Surender Singh sudah generasi ke empat penerus peternakan sapi perah. Usaha ini dimulai semenjak tahun 1945, dengan tujuan untuk menghasilkan uang karena peternakan sapi perah ini telah menjadi suatu usaha pak Surender Singh untuk menghidupi keluarganya.

 

Dalam mengelolah usaha peternakan sapi perah ini pak Surender Singh dibantu oleh beberapa pekerja yang semuanya laki – laki untuk memudahkan pekerjaannya dalam pengembalaan sapi karena pemberian makan system digembalakan di lahan rumput yang luas, pengambilan rumput untuk pedet (anak sapi), pemerahan susu dan membersihkan kandang dan sapi.

 

Usaha yang dilakukan oleh bapak Efendi dimulai pada tahun 1998 yang telah memiliki izin usaha. Awal berdirinya peternakan milik bapak Efendi karena  hobinya yang suka memelihara kambing – kambing yang besar dan juga untuk menyembuhkan penyakit asma yang pernah diderita anaknya, karena dipercaya susu kambing dapat menyembuhkan asma jika kita sering mengkomsumsinya, sedangkan susu kambing sangat sulit didapat dan harganya mahal. Dengan berjalannya waktu selain untuk dikomsumsi sendiri ternyata susu kambing yang dihasilkan dapat dijual dan hasil dari penjualannya cukup menjanjikan . Hal ini yang membuat pak Efendi  lebih serius menekuni peternakan kambing perah ini.

 

Hal ini cikal bakal pak Efendi punya perternakan kambing perah yang termasuk terbesar di kota medan ini.  Selain menjual susu segar pak Efendi juga melakukan pembibitan menjual cempe (anak kambing lepas menyusui) ,menjual kambing  pedaging (kambing Boer), pakan dan kotoran ternak sebagai income tambahan. Dalam menjalankan usahanya bapak Efendi dibantu oleh karyawannya yang berjumlah kurang lebih 14 orang  yang lebih separuhnya adalah wanita dimana pekerjanya diambil dari penduduk setempat.

 

 





BAB II

PRESTASI USAHA DAN KIAT SUKSES

 

2.1 Prestasi/kesuksesan

      

       Kesuksesan yang diperoleh Bu Santi dari usaha grosir antara lain :

 

         1.       Memiliki jumlah sapi dan kambing yang lebih dari 100

 

         2.       Memiliki pelanggan tetap setiap hari

 

         3.       Memiliki banyak karyawan

            

2.2  Kiat Sukses

 

       Beberapa kiat sukses yang dilakukan oleh pak Surender, yaitu:

      

         1.      Tetap semangat menjalani usaha

 

         2.      Tidak mudah menyerah walaupun banyak tantangan

 

         3.      Mau mencoba dan berusaha terus

 

         4.      Berdoa kepada Tuhan

 

BAB III

URAIAN TENTANG KIAT, TEKNIK, PENDEKATAN  KREATIF DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID – 19

 

3.1 Usaha Yang Dilakukan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

 

     Di masa pandemi ini usaha Ternak Sapi dan Kambing Perah mengalami penurunan karena banyaknya konsumen yang takut keluar rumah untuk membeli susu. Agar tidak mengalami kerugian Pak Surender memberikan pengarahan kepada para pegawainya agar menggunakan masker dan selalu mencuci tangan serta selalu menjaga kebersihan peternakannya agar para konsumen tidak ragu untuk susu di tempatnya. Dan jika susunya tidak habis, maka akan diolah menjadi minyak samin, keju dan yogurt.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan

     Berdasarkan Pembahasan diatas bahwa daerah ini khususnya di Sumatra Utara sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat atau lahan peternakan Sapi Perah karena lokasi yang cukup strategis dan suhu yang sangat mendukung untuk peternakan sapi perah sesuai yang telah di jelaskan diatas.

4.2 Saran

   Sebaiknya untuk menghadapi covid-19 ini usaha ternak sapi dan kambing perah dapat mengubah keuangan  pada usahanya seperti pengurangan jumlah tenaga kerja dan lebih konsentrasi lagi dalam memperhatikan kondisi kandang serta juga  kesehatan sapi dan kambing perah tersebut agar dapat bertahan di kondisi transisi yang dapat menciptakan segala sesuatu nya itu berubah drastis.

 


Komentar

  1. Nice information.
    Setiap usaha pasti ada naik turunnya maka dari itu pantang menyerah memanglah harus dilakukan.

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bagus
    Ditunggu postingan selanjutnya
    Tetap semangat 👍

    BalasHapus
  3. Informasinya cukup menarik, great!! di tunggu next artikel

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih banyak satri sudah mampir ke blog saya

      Hapus
  6. Mantap sam,menambah pengetahuan
    Tetap semangat🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak aiz telah mampir ke blog saya🙏

      Hapus
  7. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungan Anda ke blog Saya 🙏

      Hapus
  8. info yang disajikan sangat menarik sanak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke blog saya sanak🙏

      Hapus
  9. Wii mantap ya bg. Jdi tau manfaatnya

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya 🙏

      Hapus
  11. Mantap, saya jadi mengingat masa di waktu saya kecil, paman datang ke desa

    Kemarin paman datang,
    pamanku dari desa.
    Dibawakannya rambutan,pisang
    Dan sayur mayur segala rupa
    Bercrita paman tentang ternaknya
    Berkembang biak semua

    Padaku,paman berjanji
    Mengajak libur didesa
    Hatiku girang tidak terperi
    Terbayang sudah aku disana
    Mandi disungai,turun kesawah
    Menggiring kerbau kekandang

    BalasHapus
  12. Yaa bagus,menjadi penambah pengetahuan bagi kalangan masyarakat

    BalasHapus

Posting Komentar